Minggu, 23 Oktober 2011

Orang Miskin Dilarang Sakit

Orang Miskin Dilarang Sakit

Sebuah tagline yang dulu gue anggep biasa aja. Iya sih, tapi ya udah. Sampai gue mengalaminya sendiri.

Nyokap terkena abses. Ukurannya sebesar telapak tangan orang dewasa. Besar. Sialnya, beliau gula darahnya tinggi.

Awalnya berobat ke klinik biasa. Yang ternyata abal-abal. Maen operasi aja tanpa ngecek gula darah. Gue dan keluarga ga ada yg tau kalo nyokap gulanya tinggi.

Tiga minggu berobat gak ada progress. Yang ada, lukanya makin besar. Nanah makin banyak. Sampe suatu malem gue maksa beliau untuk ke RS.

Dari awal gue ajak ke dokter atau RS, nyokap gak pernah mau. Tapi malem itu gue udah keabisan akal nanganin luka beliau. Bocornya parah banget. Gue marahin nyokap 1½ jam. Sampe akhirnya setengah sebelas malem beliau nurut untuk dibawa ke IGD RS besar deket rumah gue. Itu pun sedikit dibohongi. Gue bilang cuma ganti perban. Padahal ya mana ada sih udah ke RS cuma ganti perban doang..

Nyampe sana langsung disuruh opname dong. Dicek segala macem termasuk gula darah yg ternyata udah 650 aja! Shock. Okay, lalu subuhnya dapet instruksi agar segera dioperasi. Tapi penanganan awalnya adalah menurunkan kadar gula. Sekali suntik 380 ribu. Gue sanggupin.

Berhubung dari awal gue yg bertanggung jawab, jadi semua tindakan dikonfirmasi dulu ke gue. Termasuk harga. Demi keselamatan nyokap, gue setuju-setuju aja. Padahal duit yang gue pegang gak lebih dari 2 juta.

Sekitar jam 8 pagi, laporan billing udah dikasih. Total sampe jam 8 pagi itu udah 2,3 juta. Belum termasuk operasi yang harus dilaksanakan nanti siang. Biayanya 4,5-5 juta. Operasi doang, belum termasuk jasa dokter, dan biaya perawatan lainnya. Oya juga belum termasuk farmasi di luar operasi.

Whanjeeerrr duit dari mana?!! Saat itu gue sendiri. Sendiri bener-bener sendiri. Di hadapan konsultan biaya operasi gue nangis. Bingung.

Tapi Tuhan selalu tahu cara terbaik menolong gue. Dikirim-Nya malaikat-malaikat untuk bantu gue. Secara moril dan materil. -semoga mereka selalu diberi kemudahan dan keberuntungan-

Total jajan selama 5 hari (masuk IGD jam setengah 11 malem dianggap 1 hari ya) ± 13juta. Kelas 3 loh ya. Dan biaya kontrol 3 hari sekali ± 800ribu/kontrol.

Gue gak ngeluh. Sungguh, gue hanya share tentang pengalaman jajan ke RS tanpa asuransi.

Ketika antre konsul biaya operasi ada beberapa keluarga pasien yang datang dengan membawa SKM (Surat Keterangan Miskin) dan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu). Menurut mereka, ngurusnya cukup rempong. Mesti ada pengantar dari RT, RW, Kecamatan dan Kelurahan.

Isinya kurang lebih seperti ini:
Nama: bla bla bla
Dinyatakan Miskin

Lalu di form persetujuan operasi selalu disebutkan seperti ini:
Nama (pasien miskin): bla bla bla
Alamat : bla bla
Ttd pasien miskin

Ouch! Bukankah itu tidak etis? Atau menurut gue aja? Entahlah, tapi menurut gue itu akan menyakiti keluarga pasien.

Terus katanya, kalo pake SKTM, cuci darah dipotong 30%, kalo pake SKM 400ribu atau gimana ya, agak lupa gue. Maklum saat itu gue juga masih blank. Nah kalo ada operasi, maksimal pemotongan 1,8 juta. Berapapun besar biaya operasinya. Mo pake SKM ataupun SKTM.

Tetep berat ya bo!

Nah saat itu, kalimat Orang Miskin Dilarang Sakit langsung terpampang di depan mata gue.

Kalo ada orang miskin yang kritis dan harus segera operasi gimana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar