Minggu, 25 Maret 2012

Menyepi Di Pulau Pari Yang Ternyata Tidak Sepi

Long weekend pas ada libur Hari Raya Nyepi 23 - 25 Maret ini gw bersama @neena_gober akhirnya kesampaian juga untuk liburan. Gak jauh-jauh, masih di sekitaran Kepulauan Seribu, dengan mengontak @lagunatrip kami bisa jalan-jalan murah meriah. :)

Pulau Pari jaraknya sekitar 2 jam dari Dermaga Muara Angke dengan menggunakan kapal. Tips gw kalo ke Muara Angke pakailah masker, karena bau amisnya menyengat :p

Kita mulai perjalanan sekitar jam 8 pagi. Satu kapal isinya kurang lebih 50 orang. Masih sesuai dengan kapasitas. Kalo liat kapal lain sih sampe desek-desekan banget, kalo kapal yang kita tumpangin udah disewa sama travel agent kita jadi pas.

Gw saat berangkat masih pake simcard @axisGSM, sinyal masih full sampe +/- perjalanan 1 jam di tengah laut. Setelah itu hanya tanda SOS. Gw masih berharap mungkin nanti kalo udah sampai di pulau sinyalnya ada lagi. Ternyata sampai di darat tetep gak ada sinyal.

Untungnya di homestay ada jualan pulsa dan simcard. Gw ganti ke @telkomsel. Sinyal full, bbm-an lancar, browsing dan twitteran juga lancar.

Paket yang ditawarkan travel, 350rb/person sudah termasuk kapal from Muara Angke, homestay, makan, sepeda dan alat snorkeling. Pokoknya tinggal bawa baju dan kamera.

Buat yang punya kamera, mau pocket atau SLR wajib bawa karena sayang banget kalo gak diabadikan. Tapi bawa BB gak kalah penting karena tiap abis jepret bisa langsung diupload atau dijadiin DP bbm dan bikin orang-orang iri. Hahahahhahaa *evil laugh

Pulau Pari sangat tertata rapi. Rumah-rumah penduduk dijadikan homestay, jalanan cukup enak untuk sepedahan keliling pulau. Orang-orangnya ramah, sepertinya mereka sudah terbiasa menerima tamu jadi kita bisa ngobrol dengan mereka dengan nyaman.

Fasilitas air bersih juga terjamin, motor cuma ada beberapa, gak ada mobil, yang ada motor apa tuh yang ada kayak tempat barang yang biasa untuk jualan siomay. Motor kaisar atau triseda gitu deh. Motor itu dipakai untuk ngangkut tamu yang capek sepedahan/jalan. Tergantung grup aja sih itu mah. Gw sendiri prefer naik sepeda. Sepeda ada dimana-mana. Gratis. Walaupun tetep aja gak enak kalo ngambil punya grup travel lain. Jadi mending pakai yang disediain travel/grup karena pasti cukup kok. Pilih aja dulu yang paling enakeun sepedanya.

Gw ambil paket yang 2D1N. Nyampe pulau sekitar jam 10 pagi. Jam 11 dikasih makan, lalu istirahat. Kebetulan hari Jumat dan homestay gw deket mesjid jadi yaaaa bisa liat cowok-cowok ganteng calon penghuni surga dulu laaaah :p

Jam 1 kita mulai naik kapal untuk snorkeling. Berhubung hari itu cuaca kurang bersahabat, anginnya cukup kenceng jadi kita cuma snorkeling di 2 spot aja, Snorkelingnya capek banget karena kita lawan angin kaaan. Tapi seru banget! Satu kapal masih diisi dengan orang-orang yang sama ketika bernagkat dari Muara Angke. Jadi kita itu 1 travel tapi dibagi lagi jadi beberapa grup. Ada yang 1 keluarga beserta anak-anaknya, ada bocah cewek sekitar 4 tahunan yang tanpa takut berenang aja gitu di tengah laut. Salut deh. Kebetulan kita ini kebanyakan bareng ama rombongan keluarga. Oom, tante dan koko gitu. Tinggal serumah juga gabung mereka. Orangnya baek-baek bener deh. Gw kira mereka ini 20 orang (yang terbagi di 2 homestay) satu keluarga besar, ternyata mereka itu temenan SMA. Ihhh asik bener yah, udah pada berumur tapi masih seru-seruan ama temen sekolahnya.

Kalo cuaca bagus, bisa dapet ampe 4 spot snorkeling. Pulau Tikus, trus pulau-pulau lain disekitarnya juga bisa dikunjungi. Karang dan ikannya bagus-bagus katanya. Cuma sayang, karena agak surut jadi kita gak bisa kesana. :(

Pulang snorkeling sekitar jam setengah enam sore kita langsung sepedahan ke arah pantai LIPI untuk ngejar sunset. Daannnn aslinya keren bangetttttt. Letak pantai yang luas menghadap barat, memanjakan mata untuk melihat sunset dengan sempurna. Subhanallah.

Kita sempet main-main sebentar di pantainya sebelum akhirnya gelap dan perut yang sudah minta diisi. Balik ke homestay, makan malam udah disiapkan. Nasi+sop+cumi+kerupuk+sambel. Enyak.....

Sekitar jam 8 kita dipanggil lagi ke deket dermaga untuk barbeque. Wihhhhhh asik bener deh! Dengan bintang yang bertaburan di langit, angin dan pasir pantai yang khas, deru ombak... *pacar mana pacar*

Ikan ronang dan kedong-kedong disiapkan oleh panitia. Pokoknya kita mah tau beres aja. Tinggal makan doang hahahhahahaaa. Oya kedong-kedong itu sejenis siput, bentuknya (setelah disate) mirip sama cumi, hanya lebih kenyal dan alot. Disuguhin dengan sambel kecap, maknyoosssss. *jadi ngiler lagi deh gw*

Balik ke homestay udah ngantuk berat, rencananya subuh kita mo ngejar sunrise. Jam 5 pagi setelah shalat shubuh kita langsung ke sepedahan ke arah dermaga, ambil spot paling bagus dan TARAAAAAAA lagi-lagi mata kitra dimanjakan oleh fajar yang terbit di ufuk timur. Foto-foto wajib hukumnya!

Balik ke homestay udah disediain lagi aja sarapan. Nasi goreng+mie+telor ceplok. Kenyang dah. Lalu kita lanjut ke Pantai Pasir Perawan. Aslinyaaaa itu pantai bagussssss bangetttttttt. Bersih, indah, gak banyak orang, ada yang jualan kelapa dan makanan, banyak saung-saung, ayunan, ada juga sampan yang bisa kita sewa untuk agak ke tengah laut. Lautnya tenang, pasirnya putih, ada beberapa pulau kecil yang kelihatan dari situ.

Sekitar jam setengah sebelas, Mas Beno (koordinator grup) nelpon karena kita harus segera naik kapal pulang. Jam sebelas kita niggalin pulau dan balik ke Jakarta. Sekitar jam 1 sudah sampai di Muara Angke.

Dua hari yang sangat menyenangkan buat gw. Puas, kenyang, happy.

Foto-foto akan gw share di postingan selanjutnya ya. ;)

4 komentar:

  1. kesana lagi apa kita??? ahaha...

    BalasHapus
  2. Teh boleh minta contact person bang beno?? Soalny say ingin travel ke pari

    BalasHapus
  3. Maaf contactnya sdh hilang, mungkin bisa coba tukangjalan.com atau travel lainnya. :)

    BalasHapus